Kodim 1002/HST Gelar Bakti Sosial di Wilayah 3T

REDAKSI LINTAS, Barabai-Komando Distrik Militer (Kodim) 1002/Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar bakti sosial pada Semester II tahun anggaran 2024 untuk mengurangi beban sosial masyarakat di wilayah terpencil, terluar, terisolir (3T) di Desa Pambakukan, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT). Selasa (24/09/2024).

Komandan Kodim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa, S.Hub.Int., M.Han., mengatakan bakti sosial di wilayah 3T tersebut antara lain pembagian sembako kepada warga kurang mampu, penyuluhan kesehatan, dan pengobatan massal gratis kepada warga desa.

“Untuk pelayanan kesehatan, kami bekerja sama dengan pemerintah melibatkan Puskesmas Batu Tangga dan Polkes 09.05.15/HST. Kami memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah 3T,” ujarnya.

Fery menjelaskan jajaran Kodim sebagai komando kewilayahan merupakan ujung tombak TNI AD dalam melaksanakan pembinaan teritorial serta melaksanakan langkah-langkah konkret di wilayah yang implementasinya diwujudkan dengan kegiatan bakti TNI.

“Tujuan bakti TNI ini adalah untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga terwujud kemanunggalan TNI-rakyat,” katanya.

Menurut dia, bakti sosial di wilayah 3T merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat guna terwujudnya ketahanan masyarakat terhadap ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan NKRI.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1002/HST Kapten Inf Subhan mengatakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di wilayah 3T itu terselenggara dengan baik berkat kolaborasi dengan pemerintah daerah.

Sementara itu, Camat Batang Alai Timur, Muhammad Hardianto, menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI yang melaksanakan bakti sosial di wilayah 3T khususnya di Desa Pambakulan.

“Kegiatan bakti sosial ini membantu masyarakat di daerah pelosok,”ujar Hardi.

(pen1002hst).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *