Grand Final Festival Band Nasional Piala Panglima TNI, Rock On Band Keluar Sebagai Juara Pertama

REDAKSI LINTAS, BANJARMASIN – Dimalam puncak Grand final Festival Band Nasional Piala Panglima TNI kategori Pelajar SMA/sederajat, Mahasiswa dan Umum/Seniman Band sukses digelar dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79 sekaligus memperingati hari jadi Kota Banjarmasin ke-498 di siring depan Balai Kota Banjarmasin Jl. R.E. Martadinata Banjarmasin, Minggu (22/9/2024) malam.

Setelah melalui babak penyisihan yang diselenggarakan di siring 0 Km pada tanggal 20 hingga 22 sebelumnya, kini para peserta memasuki babak Grand Final yang diikuti oleh 9 Band yang lolos seleksi di babak penyisihan .

Grand Final yang berlangsung seru dengan penampilan gemilang dari setiap peserta, kegiatan Festival Band Nasional Piala Panglima TNI disaksikan langsung ratusan penonton yang memadati Balai Kantor Pemko Banjarmasin dan para tamu undangan.

Dengan total hadiah mencapai Rp 142.500.000, peserta band berlomba-lomba memperebutkan juara sesuai kategori.

Dengan sistem perlombaan masing-masing band menampilkan 1 lagu pada di babak final yang dinilai oleh juri profesional diantaranya Dian “Candil” Dipa Chandra (Ex Band Seurieus), Arie Widhiawan (Ex Band Lingua), Ady (Ex Band Naff), Andi Wijaya, S.Pd., M.Sn. (Dosen Seni Unv. PGRl Kalsel) dan Sumardi (Ajenrem 101/Antasari).

Pada Grand Final di kategori Pelajar SMA/sederajat, Vektor Band dari SMAN 1 Banjarmasin berhasil meraih posisi juara 1 dengan perolehan nilai 276 total hadiah 15.000.000, diikuti oleh Fingger Band dari SMAN 3 Banjarbaru sebagai juara 2 nilai 252 total hadiah 10.000.000 dan sebagai juara 3 diraih Hellfire Band dari SMAN 4 Banjarbaru nilai 248 total hadiah 7.500.000.

Sedangkan di kategori Mahasiswa juara 1 dimenangkan oleh The Young Band dari Politeknik Negeri Tanah Laut dengan nilai 279 total hadiah 20.000.000, juara ke 2 Pasukan Revolusi dari Politeknik Unggulan Banjarmasin nilai 270 total hadiah 15.000.000 dan juara ke 3 di menangkan Foject FR Band dari Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat nilai 249 total hadiah 10.000.000.

Dan untuk dikategori Umum juara ke 1 di menangkan oleh Rock On Band dari Kota Banjarmasin dengan nilai 307 total hadiah 30.000.000, juara ke 2 R.H (Rock Horizon) Band dari Kota Banjarmasin nilai 302 total hadiah 20.000.000, juara ke 3 Earth Music Band dari Kota Banjarmasin nilai 301 total hadiah 15.000.000.

Untuk penerima hadiah bagi pemenang di kategori Pelajar SMA/sederajat di serahkan langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan, Adi Santoso, di kategori Mahasiswa di serahkan oleh Kapolda Kalsel dan  kategori umun di serahkan oleh pangdam VI/Mulawarman di dampingi Danrem 101/ Antasari, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Sjamsuddin Noor dan Kabinda Kalsel.

Festival Band merupakan bentuk konsistensi dan perhatian TNI terhadap generasi anak muda hal ini dilaksanakan dengan memberikan ruang ekspresi bagi pecinta musik, khususnya anak muda yang tergabung dalam group band.

Peserta yang masuk pada babak final ini telah mampu membawakan sajian musik yang kemilau dan memberikan hiburan kepada ratusan penonton yang hadir.

Sebelumnya Danrem 101/Ant Brigjen TNl Ari Aryanto, S.E., M.l.P., menyatakan bahwa kegiatan Antasari Festival Band diselenggarakan dengan tujuan mencari bibit-bibit musisi berbakat Kalimantan Selatan yang diharapkan dapat bersaing hingga ke tingkat nasional.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kedepan akan ada musisi-musisi khususnya dari Kalimantan Selatan hingga ke tingkat nasional, terutama yang lahir dari ajang Antasari Festival Band ini,” harap Danrem.

Seluruh peserta tampil baik, suara bagus, menguasa panggung dan diharapkan akan lahir group band ketingkat Nasional dan selain menghibur, juga dapat menjadi wahana kreatifitas dan ajang untuk bersosialisasi dan mendulang prestasi.

Di penghujung puncak acara Candil (Ex Band Seurieus), Arie Widhiawan (Ex Band Lingua), Ady (Ex Band Naff), menguncang suasana malam dengan penuh musik yang memukau di depan ratusan penonton yang hadir sehingga menikmati hiburan lagu yang di bawakan oleh para artis papan atas. (Ags/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *